October 03, 2008

ujung genteng - lanjutan hari 1

akhirnyaaaaa --- sampe jugaa di ujung genteng. Uda disambut dengan bunyi samar-samar ombak, angin laut, warna-warna biru langit maupun laut, fuah rasanya lega bgt dh.. asik.. kita sampe jam 4-an , tp ada accident lg di jalan , gw MUNTAH! yiaks jijik bgt yaa haha. tepatnya th jam 2-an lah, kan jalan-nya berkelak kelok, turun naik, lama pula! jd gw mual akhirnya gw tidur ja spy ga muntah. uda tenang th, tp di jalan pd mampir beli buah2 macemnya sawo, jambu, mangga, dkk.. gw tergiur akhirnya nyicipin jambu si syelma di jalan.. wih, jambunya mantep tp mual gw jg makin mantep! yauda gw lgsg nutup mulut pake tangan trus muntahnya keluar muncrat gitu lah hha. kereen men, muntahnya tersebar di mana-mana lohh.. baju, clana, gelang gw trus kaca, jok, atasnya mobil ahaha. uda ah ga mo diinget lg!

nah trus pas sampe naro2 barang trus karna bada gw bau baju2x juga jadi yaaa gw harus wajip mandi kalo kaga pada ke bau-an dh. hemm. wangiii abis gw mandi wkwk. lalu makaan sudah disiapkan oleh para ibu langsung lah gw santap! trusss, yang kaum-kaum muda remaja -halah- pada maen2x ke lauuuuut ciihuyy yang tua-tua masaaaaaak :p huehehe. kita jalaaaan & putu2x di pantaai, nungguin sunset! tapi tapi ternyata sunsetnya tertutup oleh awan huh x( okeee lanjut. abs itu yg bapak-bapak ibu-ibu pada nyusul naek mobil ke pantai, oya pantainya itu karang2x bgitu jadi rada sakitlah kalo ga pake sendal di atas pasirnya, jadi pasirnya tak haluuus lalu ada karang-karang + rumput2 bgitulah. uda trus abs di jemput kitaaaa go back to cottage tp ibu-ibu mampirrr duluuu beli ikaaan buat makan besok2 haha. okeeey di cottagekita lgsg shalat maghrib , maen2x ja di kamar (pada maen hp smua ama ada deh satu maen gitar)
oiya, lupa nulis jadi tuh ada 2 cottage, di cottage 1 para ibu dan bapak berkumpul di sana. di cottage ke 2 yang para kaum mudaa tapi ada sih suami-istri jugaa hhe. oke lanjut abs maen kita langsungg berangkaaaat menujuuuu tempaaat PENYU!!! : ) hwehe tak sabaaaar ,lebay

skitar jam 8-an berangkat, kita nyewa orang gitu buat jagain mobil soalnya akhir2 ini di sana katanya ada yang suka mecahin kaca mobil gt lah, ckck tak aman. pas si penjaga mobil mo masuk ke mobilkan bokap gw buka jendela tuh di tempat yg pintunya rusak itu.. bokap buka pintu mobil yang rusak pas kaca kebuka, PRANGG ! kacanya pecah bo' . wih tinggal seperempat gt, trus yg sepermpat udah berkeping2 gt lagi tp blm jatoh jadi masih ada di tmpt pinggir jendela.. yeaww pas banget kan ada si penjaga mobil haha untung ajaaa, trus perjalanan ampe sana skitar 1 jam-an nge lewatin rmh penduduk gelaaaaap banget kaga aa lampunya nyebrang jembatan kiri kanan tumbuhan gersang gt.. udh kea ga di urus aja dah. lanjut, sampe kita lgsg menuju ke pantai tmpt penyunya mendaraat buat mengeluarkan telurnyaaa, wii gelapp tp lumayan byk org yg liat. jadi tuh ya di ujung genteng ini ada tempat penangkaran penyu pangumbahan gitu lah kalo ga salah lupa namanya apa hhe. yg jelas tuh penyunya sekarang lg musim-musimnya bertelor, biasanya dia bertelor dari malem ampe pagi-an.. org2 boleh ngeliat asal ngga mengganggu penyunya soalnya kasian dia kalo mo nelor tp malah diganggu, iya kan?
pantai di situ tuh pasirnya haluss trus landai gitu pantai lautnyaa beda ama pantai" lain.. jadi penyunyaa cuman mendarat ke sini ajaa engga ke yang lain, pasirnya kan mudah digali sama dia.. jadi itu tempat kea garasi dia lah buat bertelor hhe.. jadi malem ampe pagi itu penyu" dari laut ke pantai nyari tempat yg aman yg ngga di ketahui orang" , -- dia takut nanti telornya bakal diambil orang trus dijual ato diapain lah. akhirnya telornya ga netas .kan banyak tuh ya jaman skrg pencuri telor penyu trus dijual ke tanah abang, ato apalah ckck parah.. -- abis itu stelah cari tempat dia mulai gali lobang buat nelor abs nelor tutup lobang lalu pergi deh ke lauut, trus ama org" yg ngurus itu diambil telor"nya langsung diamanin. kalo ga keburu diambil yaa nnti malah diambil org yg ga jelas.

hmm, penyu itu kan kalo sekali bertelor bisa ngeluarin ratusan telor, abis netas kan bayi-bayinya dengan sendirinya ke laut.. nah pas itu banyak yang mati karena ngga kuat dengan kerasnya kehidupan di laut ama ombaknya lah ato hewan-hewannya gitu.. tp setau gw sh haha. jadi kemungkinanny tuh dikit banget telor penyu jadi penyu dewasa yang ampe gede gitu.. jadinya penyu itu termasuk hewan yang langkaa!! mari kita lestarikan penyu bersama" kawan.. !!! jangan ganggu mereka, maupun telurnya!! hehehe.. Lalu penyu itu bisa ampe berumur ratusan tahun loh. hwii mantaf yeaaa. binatang yang tertua tuh katanya udah ada sejak akhir zaman jura pas ada dinosaurus gitu" .. jadi seusiaa, OKE lanjut, pas gw sampe ada penyu yang udah bertelor lagi nge-gali pasir" buat nutupin, pada dikrubutin org tuh penyu kasiaaan, dia kea stress gituu, tapi gw jg mo ngeliat! hehe.. maaf yaa penyuu.. tp katanya sih ya kalo penyu yang udah bertelur dia ngga papa mau disenterin gitu" , tapiiii kalo yang baru mau bertelor sedikit aja dia nge liat cahaya atau sesuatu yg bergerak ato bising pasti dia langsung meng-urungkan niatnya buat bertelor ga jadi.. ---- Okee penyunya banyak di foto" begitulah ama orang, kasiaan tapi gw juga mau moto huff bingung aah. abis itu gw ma yang laen jalan" aja sekitar pantai nyari ada yang mo bertelur lagi ato ngga penyunya, pas itu masih jam 10-an .. trus trus ada tuh penyu yang dari laut mo ke darat, TAPI sama orang-orang tuh mereka lgsg di krubutiiin di foto2x di senterin pake blitz fotonya pokonyaa ramee deh nge lilingin si penyu. DIH, gatau peraturan banget sh merekaa *ini gw sama yg laen ga ikutan loh hehe* kaan kasiaaaan penyu-nyaaa.. dia udah cape-cape ke darat buat bertelor tapi malah dikrubutin gitu pake cahaya" , udah stress aja tuh dia duluan kasiaaaaan.. Ya otomatis dia langsung balik lagi ke laut kaga jadi bertelor! hoo jahatttttt, abs itu si orang-orang itu setelah puas foto-foto ama penyu dan MENYIKSA secara halus ke penyu langsung pada pulaaaang.. okee sekarang keadaan aman (huaha kea apa aja) pas jalan" di pinggir pantai lagi gw, bokap, mas hendra, ariq (yg laen duduk2) ngeliat penyu dari laut mo ke darat. Okee, otomatis kita diem aja tuh duduk ga ngeluarin cahaya, udaaaa diem si penyunya was-was juga waduh bisa jadi jahat banget nh kita kalo penyunya ngabur lg ke laut, akhirnya kita uda sunyi heniingg bangeeet diem brapa menit gitu, si penyu masih diem. Eh eh eh. Tiba" ada pengunjung ato apa tau itu pokoknya orang yang jalan sambil maen hp di beberapa meter depan penyu, tp da ga bermaksut buat nakutin sh tapi kan tetep aja si penyu nge liat cahaya yowiiiisss balikkk lagiii dah dia ke laut . Huhu, dadah penyuuuuu maaf yaaa.. entah dia bakal balik lagi ato engga..
trus pas jalan lagi kita ngeliat jejak penyu gitu udah ke atas wah berarti ada yang baru dateng, kita ngikutin dari belakangg dia ga liat baguslah. trus kita diem deh duduk aja nungguin dia bertelor abs itu kan baru kita mau ngeliat trus foto.. dia mulai menggali gitu, tp bokap gw tuh malah berdiri ngeliat2in dia, penyunya ga nyaman dia langsung pindah tempat deh jalan lagi, gw lgsg nyuruh bokap buat duduk tuh. huh, abs itu dia mulai menggali di tempat yang baru, gw ama yang laen kepalanya cmn bergerak dikit aja gitu eh taunya dia pindah lagi.. gile, sensitif benerr daaah haha.. yaudah dia mulai gali di tempat yg baru, kita udah sunyui aja dah gua tidur haha. yg lain juga kea-nya.. trus uda stengah jam gitu, orang" dateng ada bberapa org nge rokok. trus ngedeketin tempat penyu itu gali, kan rokok tuh ujungnya merah" gitu trus mereka gerak" jadi kea nya penyu nya takut deh sarangnya ketauan.. owkeey dia masih diem tapi rada ke usik gitu lah, pas bokap mo ngeliat keadaan ternyata penyunya udah nge-gali tp arah mukanya itu ke laut, jadi dia liat bokap gw gitu, buh bokap lgsg ngumpet dah tuh, udh lamaaa gitu tp dia ga menunjukan tanda" uda selesai bertelor, bokap uda di telfon ama yg laen katanya yg laen uda pada di mobil hahaha.. yasudah kita balik saja lah, hha. tapi ntapi ternyata pas bokap bilang lagi nunguin penyu bertelor yg laen pada mo ikut, beeeeh dasaaaar yauda kita balik ke tmpt itu lagi, tuh penyu masih diem.. kita duduk ajaaa sama ada gerombolan lain gitu duduk juga di sebelah kita.. gw tdur lagi pas ini hehehe abis ngantuk gila uda jam 12 malem hoho, trus uda nunggu lamaaaa tuh yang laen juga pada tepar, si petugasnya nyenterin penyunya gitu. dia kirain uda selese bertelor kali ye.. eh eh taunya penyunya ngabur dah tanpa mengeluarkan telor satupuun. wah, bapak petugasnya lgsg minta maaf gt ke kita wkwk. gara" dia nyenterin penyunya kabur soalnya haha. iyaa kita maapin dah pak. trus dia ngmng kalo penyu tuh emg sensitif bangeet.. ckck, akhirnya pulanglah kita dengan pasrah --.-- '' pas mo pulang masih di pantai kita ngeliat ada 2 penyu lagi keluar dari laut, tapiiii kita mah udah nyerah aja dah hehe.

pulaaang jam 12-an, samp cottage pada shalat isya dulu langsung dah tepaaaar zzzz tidurrrr byee





11 comments:

garini said...

ujung genteng apa ya? hahaha

Unknown said...

hmmh..hmmh..hmmh...
-sawo? lo bli sawo bukan buat nimpuk bis malem kan? hehe..

-ya ampuun, jambu!! jambuu..enak ga tuh??

-mangganya kgak dimakan? hehe..

-yap yap.. mari kita lestarikan para penyu..juga HARIMAU PUTIH!! haha.. saya pcinta harimo putih sjak 4 tahunn..haha..mohon dimaklumii

Y&A said...

iya nad ujung genteng apaan ya? genteng ada ujungnya ?

Nɑϑırɑ Hɑrtɑnto said...

garin yaraa : ahaha. ujung genteng nama daerah gitu yar rin.. tepatnya sukabumi gitu-gitu cuman ini di bagian bawah-bawah kalo di peta. di laut namanya ujung genteng hee. bukan genteng ada ujungnyaaaa

Nɑϑırɑ Hɑrtɑnto said...

ayaa : wkwk bukan koo bukan tenang aje la hahaha.. yowe jambu! yang membuat gw muntah tuh jambunyaa la, rasanya asem2 bgitulaa.. mangganya gw kaga sempet makan di mobil uda keburu muntah hahaha, tp di villa gw makaaan :D

ohehehehe.. harimau putih unik laa lucu! AYO KITA LESTARIKAN BERSAMA-SAMA hehehe

Anonymous said...

gila lu nad ngepost kaga kira kira bnyknya ckck

Grumpy Fira said...

nadira udah aku link belom sih..

Fitri Intan Dini said...

kalo kata pandu.. aku mu ke ujung genteng, fee.. mu liat PENGUIN.. [heh?!]

Nɑϑırɑ Hɑrtɑnto said...

amor :
wuakakaka.. piss mamen hehehe.. iya gua juga ga sadar mor bakal segitu yang gw post ckck. lain kali gw sadar diri dh hehehe

fira :
link apaan fir? blognyaa? kalo kamu sh sudah saya link! hehe.l ink sayaaa yo fir :D

mba fitri :
laah laah ko jadi penguin th mba? ahahhaha :) oh ya makasih ya mba sudah melihat blog saya wkwkwwk.. reaksi yg tidak seharusnya ya?! haha. :p

Fitri Intan Dini said...

yahh...tanyalah pada mas-mu itu..

btw, post lagi dung nad!! x]

Jav said...

dari semua yg diliat, ini yg paling panjang. wedew ada penyu!